Jumat, 26 Juli 2013

CIRI-CIRI WAHABI

Ciri Ciri Wahabi
AQIDAH
1. Membagi Tauhid menjadi 3 bagian yaitu:
(a). Tauhid Rububiyyah: Dengan tauhid ini,
mereka mengatakan bahwa kaum musyrik
Mekah dan orang-orang kafir juga mempunyai
tauhid.
(b). Tauhid Uluhiyyah: Dengan tauhid ini,
mereka menafikan tauhid umat Islam yang
bertawassul, beristigathah dan bertabarruk
sedangkan ketiga-tiga perkara tersebut
diterima oleh jumhur ulama‟ Islam khasnya
ulama‟ empat Imam madzhab.
(c.) Tauhid Asma’ dan Sifat: Tauhid versi
mereka ini bisa menjerumuskan umat islam ke
lembah tashbih dan tajsim kepada Alloh
Subhanahu wa Ta’ala seperti:
Menterjemahkan istiwa’ sebagai bersemayam/
bersila
Merterjemahkan yad sebagai tangan
Menterjemahkan wajh sebagai muka
Menisbahkan jihah (arah) kepada Allah (arah
atas – jihah ulya)
Menterjemah janb sebagai lambung/rusuk
Menterjemah nuzul sebagai turun dengan dzat
Menterjemah saq sebagai betis
Menterjemah ashabi’ sebagai jari-jari, dll
Menyatakan bahawa Allah SWT mempunyai
“surah” atau rupa
Menambah bi dzatihi haqiqatan [dengan dzat
secara hakikat] di akhir setiap ayat-ayat
mutashabihat
2. Memahami ayat-ayat mutashabihat secara
zhahir tanpa penjelasan terperinci dari ulama-
ulama yang mu’tabar
3. Menolak asy-Sya’irah dan al-Maturidiyah
yang merupakan ulama’ Islam dalam perkara
Aqidah yang diikuti mayoritas umat islam
4. Sering mengkrititik asy-Sya’irah bahkan
sehingga mengkafirkan asy-Sya’irah.
5. Menyamakan asy-Sya’irah dengan
Mu’tazilah dan Jahmiyyah atau Mu’aththilah
dalam perkara mutashabihat.
6. Menolak dan menganggap tauhid sifat 20
sebagai satu konsep yang
bersumberkanfalsafah Yunani dan Greek.
7. Berselindung di sebalik mazhab Salaf.
8. Golongan mereka ini dikenal sebagai al-
Hasyawiyyah, al-Musyabbihah, al-
Mujassimah atau al-Jahwiyyah dikalangan
ulama’ Ahli Sunnah wal Jama’ah.
9. Sering menuduh bahwa Abu Hasan Al-
Asy’ari telah kembali ke mazhab Salaf setelah
bertaubat dari mazhab asy-Sya’irah. Menuduh
ulama’ asy-Sya’irah tidak betul-betul
memahami faham Abu Hasan Al-Asy’ari.
10. Menolak ta’wil dalam bab Mutashabihat.
11. Sering menuduh bahwa mayoritas umat
Islam telah jatuh kepada perbuatan syirik.
12. Menuduh bahwa amalan memuliakan
Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam
[membaca maulid dll] membawa kepada
perbuatan syirik.
13. Tidak mengambil pelajaran sejarah para
anbiya’, ulama’ dan sholihin dengan
dalih menghindari syirik.
14. Pemahaman yang salah tentang makna
syirik, sehingga mudah menghukumi orang
sebagai pelaku syirik.
15. Menolak tawassul, tabarruk dan
istighathah dengan para anbiya’ serta
sholihin.
16. Mengganggap tawassul, tabarruk dan
istighathah sebagai cabang-cabang syirik.
17. Memandang remeh karamah para wali
[auliya’].
18. Menyatakan bahwa ibu bapa dan datuk
Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam tidak
selamat dari adzab api neraka.
19. Mengharamkan mengucap “radhiallahu
‘anha” untuk ibu Rosulullah Shollallohu ‘alaihi
wa sallam, Sayyidatuna Aminah.
SIKAP
1. Sering membid’ahkan amalan umat Islam
bahkan sampai ke tahap mengkafirkan
mereka.
2. Mengganggap diri sebagai mujtahid atau
berlagak sepertinya (walaupun tidak layak).
3. Sering mengambil hukum secara langsung
dari al-Qur’an dan hadits (walaupun tidak
layak).
4. Sering memtertawakan dan meremehkan
ulama’ pondok dan golongan agama yang lain.
5. Ayat-ayat al-Qur’an dan Hadits yang
ditujukan kepada orang kafir sering ditafsir ke
atas orang Islam.
6. Memaksa orang lain berpegang dengan
pendapat mereka walaupun pendapat itu syaz
(janggal).
HADITS
1. Menolak beramal dengan hadis dho’if.
2. Penilaian hadits yang tidak sama dengan
penilaian ulama’ hadits yang lain.
3. Mengagungkan Nasiruddin al-Albani di
dalam bidang ini [walaupun beliau tidak
mempunyai sanad bagi menyatakan siapakah
guru-guru beliau dalam bidang hadits.
[Bahkan mayoritas muslim mengetahui bahwa
beliau tidak mempunyai guru dalam bidang
hadits dan diketahui bahawa beliau belajar
hadits secara sendiri dan ilmu jarh dan ta’dil
beliau adalah mengikut Imam al-Dhahabi].
4. Sering menganggap hadits dho’if sebagai
hadits mawdhu’ [mereka mengumpulkan
hadits dho’if dan palsu di dalam satu kitab
atau bab seolah-olah kedua-dua kategori
hadits tersebut adalah sama]
5. Pembahasan hanya kepada sanad dan
matan hadits, dan bukan pada makna hadits.
Oleh karena itu, pebedaan pemahaman
ulama’ [syawahid] dikesampingkan.
QUR’AN
1. Menganggap tajwid sebagai ilmu yang
menyusahkan dan tidak perlu (Sebagian
Wahabi indonesia yang jahil)
FIQH
1. Menolak mengikuti madzhab imam-imam
yang empat; pada hakikatnya
mereka bermadzhab “TANPA MADZHAB”
2. Mencampuradukkan amalan empat mazhab
dan pendapat-pendapat lain sehingga
membawa kepada talfiq [mengambil yang
disukai] haram
3. Memandang amalan bertaqlid sebagai
bid’ah; mereka mengklaim dirinya berittiba’
4. Sering mengungkit dan mempermasalahkan
soal-soal khilafiyyah
5. Sering menggunakan dakwaan ijma’ ulama
dalam masalah khilafiyyah
6. Menganggap apa yang mereka amalkan
adalah sunnah dan pendapat pihak lain adalah
Bid’ah
7. Sering menuduh orang yang bermadzhab
sebagai ta’assub [fanatik] mazhab
8. Salah faham makna bid‟ah yang
menyebabkan mereka mudah membid‟ahkan
orang lain
9. Mempromosikan madzhab fiqh baru yang
dinamakan sebagai Fiqh al-Taysir, Fiqh al-
Dalil, Fiqh Musoffa, dll [yang jelas keluar
daripada fiqh empat mazhab]
10. Sering mewar-warkan agar hukum ahkam
fiqh dipermudahkan dengan menggunakan
hadis “Yassiru wa la tu’assiru, farrihu wa la
tunaffiru”
11. Sering mengatakan bahwa fiqh empat
madzhab telah ketinggalan zaman
NAJIS
1. Sebagian mereka sering mempermasalahkan
dalil akan kedudukan babi sebagai najis
mughallazhah
2. Menyatakan bahwa bulu babi itu tidak
najis karena tidak ada darah yang mengalir.
WUDHU’
1. Tidak menerima konsep air musta’mal
2. Bersentuhan lelaki dan perempuan tidak
membatalkan wudhu’
3. Membasuh kedua belah telinga dengan air
basuhan rambut dan tidak dengan air yang
baru.
ADZAN
1. Adzan Juma’at sekali; adzan kedua ditolak
SHALAT
1. Mempromosikan “Sifat Shalat Nabi
Shollallohu ‘alaihi wa sallam‟, dengan alasan
kononnya shalat berdasarkan fiqh madzhab
adalah bukan sifat shalat Nabi yang benar
2. Menganggap melafazhkan kalimat “usholli”
sebagai bid’ah.
3. Berdiri dengan kedua kaki mengangkang.
4. Tidak membaca “Basmalah‟ secara jahar.
5. Menggangkat tangan sewaktu takbir sejajar
bahu atau di depan dada.
6. Meletakkan tangan di atas dada sewaktu
qiyam.
7. Menganggap perbedaan antara lelaki dan
perempuan dalam shalat sebagai perkara
bid‟ah (sebagian Wahabiyyah Indonesia
yang jahil).
8. Menganggap qunut Subuh sebagai bid’ah.
9. Menggangap penambahan “wa bihamdihi”
pada tasbih ruku’ dan sujud adalah bid’ah.
10. Menganggap mengusap muka selepas
shalat sebagai bid’ah.
11. Shalat tarawih hanya 8 rakaat; mereka juga
mengatakan shalat tarawih itu
sebenarnya adalah shalat malam (shalatul-
lail) seperti pada malam-malam lainnya
12. Dzikir jahr di antara rakaat-rakaat shalat
tarawih dianggap bid’ah.
13. Tidak ada qadha’ bagi shalat yang sengaja
ditinggalkan.
14. Menganggap amalan bersalaman selepas
shalat adalah bid’ah.
15. Menggangap lafazh sayyidina (taswid)
dalam shalat sebagai bid’ah.
16. Menggerak-gerakkan jari sewaktu tasyahud
awal dan akhir.
17. Boleh jama’ dan qashar walaupun kurang
dari dua marhalah.
18. Memakai sarung atau celana setengah betis
untuk menghindari isbal.
19. Menolak shalat sunnat qabliyyah sebelum
Juma’at
20. Menjama’ shalat sepanjang semester
pengajian, karena mereka berada di landasan
Fisabilillah
DO’A, DZIKIR DAN BACAAN AL-QUR’AN
1. Menggangap do’a berjama’ah selepas shalat
sebagai bid’ah.
2. Menganggap dzikir dan wirid berjama’ah
sebagai bid’ah.
3. Mengatakan bahwa membaca “Sodaqallahul
‘azhim” selepas bacaan al-Qur’an adalah
Bid’ah.
4. Menyatakan bahwa do’a, dzikir dan
shalawat yang tidak ada dalam al-Qur’an dan
Hadits sebagai bid’ah. Sebagai contoh mereka
menolak Dala’il al-Khairat, Shalawat al-
Syifa‟, al-Munjiyah, al-Fatih, Nur al-Anwar,
al-Taj, dll.
5. Menganggap amalan bacaan Yasin pada
malam Jum’at sebagai bid’ah yang haram.
6. Mengatakan bahwa sedekah atau pahala
tidak sampai kepada orang yang telah wafat.
7. Mengganggap penggunaan tasbih adalah
bid’ah.
8. Mengganggap zikir dengan bilangan tertentu
seperti 1000 (seribu), 10,000 (sepuluh ribu),
dll sebagai bid’ah.
9. Menolak amalan ruqiyyah syar’iyah dalam
pengobatan Islam seperti wafa‟, azimat, dll.
10. Menolak dzikir isim mufrad: Allah Allah.
11. Melihat bacaan Yasin pada malam nisfu
Sya’ban sebagai bid’ah yang haram.
12. Sering menafikan dan memperselisihkan
keistimewaan bulan Rajab dan Sya’ban.
13. Sering mengkritik keutamaan malam Nisfu
Sya’ban.
14. Mengangkat tangan sewaktu berdoa’ adalah
bid’ah.
15. Mempermasalahkan kedudukan shalat
sunat tasbih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar